Cara Merawat Ikan Mas Koki

KaRna bentuknya yG 'ndut dan cara berenangnya yg luthu ,,aQ suka banget sama jenis ikan yang satu ini.... Dan di rumah aQ punya banyak ikan mas koki.... ada yang jenis ikan mas koki biasa, tosca, oranda, mata balon, dan mutiara.... Yang paling aQ suka yaitu jenis koki mas mutiara ini...karena tubuhnya kecil, dan perutnya besar,,mungkin karena bentuk tubuhnya yg seperti itu disebut mutiara... ^_^
oY, sebelum aQ beri tips cara merawat ikan mas koki ini, aQ pengen critain dikit sejarah dari ikan mas koki ini...
Ikan mas koki ini berasal dari Cina, dan berdasarkan penelitian ahli,,kromosom dari spesies ikan yang ditemukan di Cina yang massih berkerabat dengan ikan mas koki bernama Carper crucian...

- - - CaRa MeraWaT IkaN mAs kOki - - -
  • Pertama kali akan memelihara ikan mas koki, sebaiknya air yang telah dimasukkan dalam aquarium diendapkan terlebih dahulu.
  • Ketika akan memasukkan ikan mas koki ke dalam aquarium, jika ikan mas koki tersebut berada dalam kantong plastik sebaiknya taruh kantong plastik yang berisi ikan mas koki tadi ke dalam permukaan air aquarium, untuk menyesuaikan suhu dalam aquarium dan suhu ikan koki,,agar ikan koki tidak stress dan mati.
  • Jika akan memelihara dalam aquarium yang besar, maka diperlukan aerotop peniup udara di aquarium, filter, dan selang penyedot kotoran.. Ketiga alat ini penting untuk mencegah kotoran dan sirkulasi udara air dalam aquarium.
  • Lokasi aquarium dipastikan harus tidak terkena sinar matahari langsung agar lumut dan alga tidak cepat berkemang biak.
  • Beri pakan secukupnya..JANGAN TERLALU SERING beri makan ikan mas koki karena ikan mas koki ini merupakan ikan yang rakus, slalu memakan makanan yang ada,, dan jika kekenyangan maka ikan koki akan cepat mati.. Dan menurut penelitian ahli, tubuh yang ramping bagi ikan mas koki akan memperpanjang umurnya. Pakan ikan ini yang alami dan bagus untuk ikan mas koki adalah cacing sutera karena mengandung protein yang tinggi.. Tetapi untuk lebih praktisnya, pakan ikan mas koki adalah bentuk pellet yang banyak dijual di toko-toko.
  • Jangan memberi pakan pada malam hari atau menjelang malam..Karena ikan mas koki merupakan ikan yang cepat proses pencernaannya,,setelah dia makan maka akan dikeluarkan dalam bentuk feses (mengandung amoniak).. Bakteri pengurai, aktif pada malam hari dan akan menguraikan feses ikan mas koki yang akan menyebabkan kandungan amoniak dalam air aquarium tinggi dan tidak baik bagi ikan mas koki.
  • Pada saat menguras air aquarium sebaiknya air yang akan dibuang jangan semuanya karena jika semua air lama digantikan dengan air baru, maka ikan mas koki harus beradaptasi lagi dan menyebabkan stress yang berakibat kematian.
  • Air aquarium yang baru diisi (setelah dikuras) sebaiknya diberi garam grosok (garam laut) yang mempunyai manfaat mencegah pertumbuhan jamur.
2 Responses
  1. Anonim Says:

    keren
    btw tolong tanya ya
    supaya koki oranda bisa besar
    thu gmn carannya
    perasaan tiap hari udah dksh makan
    rutin tapi badan nya ga bisa besar2
    trus yg terakhir klo untuk garam laut diganti abate apakah sama ?
    thx


  2. Achmad Jefri Says:

    mau tanya ikan koki saya kok banyak putih-putihnya kayak jamur sih gimana tuh cara menghilangkannya